Profil Alumni

Salah satu mahasiswa lulusan Politeknik LP3I Bandung ini bernama Jamaludin yang lahir pada tanggal 15 april 1994 di majalengka yang memulai pendidikan D3 nya di LP3I Bandung pada tanggal 1 juli 2013 dan lulus pada tahun 2016 telah berhasil bekerja di PT.PPILN Jawa Barat . Berawal dari magang pada tanggal 3 agustus sampai pada tanggal 3 november langsung mendaptkan respon positif dari atasan PT.PPILN yang dimana mahasiswa Politeknik LP3I Bandung ini yang bernama Jamaludin diangkat sebagai karyawan tetap di perusahaan tersebut . Tak bisa dipungkiri berkat ilmu yang beliau pelajari selama kurang lebih 3 tahun dengan jurusan admisitrasi bisnis membuahkan hasil positif bagi kinerja yang di percaya di perusahaan PPILN. Beliau mengatakan bahwa banyak sekali bantuan dari pihak kampus hingga saya mendaptkan pekerjaan seperti sekarang dan tidak ada sesal sedikit bisa menimba ilmu di Politeknik LP3I Bandung. Banyak hal yang bisa kita dapatkan ketika kita mau berusaha untuk mendapatkan apa yang kita impikan termasuk saya yang berusaha untuk mendapatkan pekerjaan yang terhormat seperti ini . ya.. saya kini menjabat sebagai STAFF SERTIFIKASI DAN VERIFIKASI di PT.PPILN Jawa Barat. Awal masuk Pada Tahun 2013 yang beliau tekuni adalah Administrasi bisnis dengan fokus atau konsntrasi Administrasi Perkantoran ,beliau tidak pernah menyangka akan di tempatkan magang di perusahaan tersebut dan awalnya adalah keraguan yang beliau pikir ini bukan jalan dalam ilmu saya tapi ilmu memang tidak pernah menipu semua terpakai dan di butuhkan ketika saya menciba menempati magang yang di rekomendasikan oleh LP3I Bandung. hari awal magang hingga hari akhir beliau magang tidak pernah menyangka akan menjadi karyawan tetap untuk hasil akhirnya tapi ini mungkin meman jalan saya dan rezeki saya untuk bisa bekerja baik di perusahaan ini . kesempatan ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk batu loncatan saya agar lebih baik kedepannya "ujar beliau" . sebelum saya menjadi alumni LP3I Bandung banyak cerita dimana sebenarnya banyak ilmu yang saya lewatkan dan tidak memanfaatkan ilmu yang diberikan dosen kepada saya ya mungkin memang fase saya yang masih muda . hee.. . ! namun berkat itu semua dan berkat apa yang saya alamin baik itu pahiit atau manis saya dapat memetik hikmah dari semuanya bahwa belajar itu sangat penting dan hidup sangat perlu di imbangi dengan  ilmu dan wawasan yang luas agar kita dapat tahu bahwa dunia itu luas dan peluang peluang kita unuk menjadi sukses tu sangat besar jika kita menyadari dan menyikapi prinsip yang positif . banyak hal yg membosankan ketika saya masih duduk di bangku kampus mungkin saya salah satu orang yang merasakan bahwa titik jenuh itu ada . ya itu saya rasakan ketika semester 3 hingga membuyarkan konsentrasi saya pada waktu itu tapi kembali pada profesionalnya kampus yang disadari maupun tidak disadari memberikan saya semangat dengan metode belajar yang mengembalikan saya kembali fokus dan akhirnya saya bisa lulus dan memakai toga ini dengan status saya yang sudah bekerja. memang tidak bisa dipungkiri bahwa LP3I Bandung ini sangat baik dan Profesional . kampus yang berani memberikan pekerjaan bagi setap mahasiswa nya sangat nyata saya rasakan . Namun ada Pro kontra mengenai ini bahwa ada juga sebagian mahasiswa di LP3I Bandung yang masih belum mempunyai kesempatan untuk bekerja tetap seperti saya ini . entah ini kesalahan siapa namun setiap orang punya pendapatnya masing masing . setiap kesalahan pasti ada namun jika dalam sistem pemberian magang dan bekerja untuk mahasiswa juga diperlukan untuk mahasiswa nya memiliki skill yang memadai untuk memenuhi standar perusahaan . yaa jika memang ada mahasiswa yang kurang mampu untuk bersaing mungkin itu bukan kesalahan dari kampus melainkan tingkat keseriusan dari mahasiswa itu sendiri yang kurang dan dapat dikatakan mungkin itu kesalahan dari mahasiswa nya itu sendiri . Magang yang diharuskan oleh Politeknik LP3I Bndung ini merupakan hal yang cukup diharuskan karena merupakan syarat sidang nanti . awalnya saya juga tidak ingin magang dan ingin langsung bekerja ketika mendapatkan ijazah D3 saya, namun jika difikir ini akan buntu jika saya tidak menyelesaikan tugas akhir saya yang semua bahannya harus saya dapatkan ketika saya magang . ya akhirnya saya magang menurut rekomendasi LP3I Bandung . Selama 3 bulan saya magang di perusahaan tersebut dan kesimpulan saya mendapatkan banyak hal yang bermanfaat dari hal yang kurang penting hingga hal yang sangat penting , saya mendaptkan teman baru dengan skill yang berbeda hingga saya mendapatkan pekerjaan baru saya selain belajar . saya terus fokus magang untuk mendapatkan bahan untuk T.A nanti dan alhmdullilah saya dapat menyusun nya dan lancar saya dapat melewati sidang yang berakhir wisuda . jika melihat dari sudut pandang kinerja dalam bekerja dalam salah satu perusahaan saya belum cukup apik jika harus bersaing benar benar namun banyak ilmu yang saya dapatkan selama saya menimba ilmu di Politeknik LP3I Bandung tentang trik tips atau skill yang menjadikan saya sebagai pemenang . mungkin ini terlihat tidak penting tapi ini sangat baik jika kita mau sedikit memberi konsentrasi kita pada ilmu . ilmu memang bermanfaat dan baru saya sadari bahwa ilmu sebenarnya adalah modal utama kita untuk melangkah ke masa depan . banyak yang beliau katakan ketika berbicara tentang LP3I sepertinya tidak akan pernah selesai ujarnya karena LP3I adalah moment yang baik yang dirasakan nya. Mahasiswa bernama Jamaludin ini kini sudah murni menjadi almuni dari Politeknik LP3I Bandung dan kini beliau adalah seorang yang profesional bekerja di PT.PPILN. PT.PPILN adalah Perintis Perlindungan Instalasi Listrik Nasional sebagai perusahaan yang bergerak dibidang sertifikasi instalasi listrik tegangan rendah milik konsumen /calon konsumen  sebagaimana, yang telah ditetapkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 484/20/DJL.4/2015 pada tanggal 10 Desember 2015.
PT PPILN mempunyai kegiatan antara lain  : 
  1. Melakukan pemeriksaan dan pengujian kesesuaian instalasi pemanfaatan tenaga listrik  tegangan rendah terhadap Persyaratan Umum Instalasi Listrik
  2. Menerbitkan Sertifikat Laik Operasi (SLO)
  3. Mensosialisasikan Undang-Undang No. 30 Tahun 2009 Tentang Ketenagalistrikan dan Peraturan Pemerintah No. 14 Tahun 2012 serta Peraturan Menteri ESDM  No. 10 Tahun 2016  .

 Ketika dalam akhir perbincangan saya bersama beliau beliau mengatakan bahwa saya juga dapat seperti beliau jika saya mampu mengikuti standar yang dibutuhkan oleh pihak kampus dan perusahaan .

0 komentar:

Posting Komentar